Mantap, SMAN 1 Purwareja Klampok Luncurkan 30 Buku Karya Siswa di Hardiknas

Syarif TM
SMAN 1 Purwareja Klampok memiliki cara tersendiri dalam peringatan Hardiknas tahun 2023, termasuk dengan menggunakan pakaian adat nusantara saat upacara Hardiknas di lingkungan sekolah, Selasa (2/5/2023). Foto. dok SMAN 1 Klampok

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Sebagai implementasi dari kurikulum merdeka, SMAN 1 Purwareja Klampok meluncurkan 30 buku karya siswa melalui program One Class One Book. Peluncuran ini dilakukan pertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 di lingkungan sekolah, Selasa (2/5/2023).

Tak hanya itu, dalam memeriahkan Hardiknas tahun 2023, SMAN 1 Purwareja Klampok ini juga menggelar upacara dengan menggunakan pakaian adat, termasuk memberikan ruang kreatifitas bagi siswa melalui peragaan busana dari barang bekas.

Kepala SMAN 1 Purwareja Klampok Linovia Karmelita mengatakan, sesuai dengan peraturan dari Mendiknas terkait metode pembelajaran yang diamanatkan dalam Merdeka Belajar, maka ini merupakan bagian dari sekolah dalam mendekatkan generasi muda menuju pembelajaran sesuai dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara.

Bukan tanpa alasan, dalam Merdeka Belajar, sistem pendidikan lebih pada menunutun bakat siswa, termasuk dengan mengembangkan minat, serta potensi yang dimiliki, sehingga mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

"Dengan ini anak-anak tiddak dibebani dan tidak perlu khawatir dengan tes kelulusan, sebab saat ini pendidikan ini sebagai bahan refleksi agar guru terus mendorong siswanya untuk belajar banyak hal," katanya.

Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka saat ini lebih menekankan pembelajaran mendalam untuk pengembangan karakter dan kompetensi, bahkan untuk seleksi masuk perguruan tinggi saat ini juga sudah mengarah pada kemampuan literasi dan nalar.

"Untuk itulah kami meluncurkan program One Class One Book, dimana saat ini sudaha ada 30 buku karya siswa. Ini merupakan program aktualisasi dari sekolah literasi yang sedang digalakkan guna memupuk siswa agar gemar membaca dan menulis," ujarnya.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network