Diterjang Longsor, Jalan Alternatif Banjarnegara - Kebumen Putus

Syarif TM
Kondisi jalan alternatif Banjarnegara-Kebumen yang putus setelah terjadinya longsor pada Minggu (7/5/2023) malam. Foto. iNewsBanjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Jalur atlternatif yang menghubungkan Banjarnegara-Kebumen yang berada di ruas jalan Pagedongan-Pesangkalan Kecamatan Pagedongan putus setelah terseret longsor, Minggu (7/5/2023) malam.

Kejadian tersebut bermula saat wilayah Kabupaten Banjarnegara diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak pukul 15.00 WIB hingga malam hari, akibat kejadian tersebut, tebing yang ada di jalan Pagedongan-Pesangkalan longsor dan menyeret bahu jalan hingga kondisi jalan alternatif Banjarnegara-Kebumen putus total.

Akibatnya, jalan tersebut tak dapat dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat, dan untuk sementara, masyarakat harus memutar jarak hingga lebih dari 30 kilometer.

Puji Astuti, perangkat Desa Pagedongan mengatakan, lokasi yang longsor merupakan jalan alternatif yang menghubungkan Kabupaten Banjarnegara menuju Kabupaten Kebumen, tak hanya itu jalan tersebut juga menjadi akses utama perekonomian warga Watubelah dan Pagedongan.

Menurutnya, amblasnya jalan tersebut setelah sebelumnya wilayah Kecamatan Pagedongan diguyur hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi yang cukup lama, beberapa tahun yang lalu, di lokasi tersebut juga pernah terjadi longsor dan merusak rumah warga, namun saat ini rumah tersebut sudah diperbaiki.

"Dulu pernah longsor, tetapi tidak sampai memutus akses jalan, tetapi kejadian semalam menyebabkan jalan ini menjadi amblas dan putus, bahkan tidak hanya roda empat, motor juga sudah tidak bisa lewat," ujarnya.

Sementara itu, warga Desa Pagedingan Budi mengatakan jika akibat kejadian ini, akses jalan dari Pagedongan menuju Pesangkalah putus total, padahal jalan tersebut merupakan akses utama warga dalam berbagai aktivitas, termasuk simpul ekonomi warga.

"Kalau jalan lain ada, tetapi memutar hingga 30 kilometer, belum lagi akses jalannya terjal dan cukup ekstrem, sehingga kami berharap perbaikan jalan ini bisa segera dilakukan, sehingga akses ekonomi warga bisa kembali normal," katanya.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network