Akhir Tahun, Siswa SMPN 1 Wanadadi Tampilkan Aneka Karya

Syarif TM
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjarnegara saat mengnjungi bazar Panen Karya Siswa SMPN 1 Wanadadi, Sabtu (24/6/2023). foto. dok SPMN 1 Wanadadi

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Berbeda dengan yang lain, itulah yang menjadi satu ciri dari SMPN 1 Wanadadi, tak hanya dalam kreatifitas, sekolah ini juga menggelar Panen Karya Siswa sebagai kegiatan akhir tahun di sekolah.

Gelaran pameran karya siswa ini dilakukan saat pembagian raport sekolah pada orang tua di lingkutan sekolah, Sabtu (24/6/2023). Para siswa ini memamerkan aneka kerajinan dan karya siswa yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Pameran karya siswa ini merupakan bagian dari pembelajaran dan implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Panacasila (P5) dengan tema kewirausahaan. Melalui stand yang ada, para siswa ini memamerkan aneka kerajinan di halaman sekolah.

Pengawas sekolah binaan Wilujeng mengapresiasi apa yang dilakukan oleh para siswa ini, apalagi karya yang dipamerkan sangat beragam dan luar biasa. "Ini merupakan satu cara cerdas sekolah dalam memberikan informasi kegiatan sekolah pada masyarakat dan orangtua, ini adalah satu karya anak-anak, sebab ttik fokus dari kegiatan ini adalah prosesnya, bukan produknya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 wanadadi Drajat Nurangkoso mengatakan, sebelum dilakukan pameran bertajuk 'Panen Karya Siswa' ini, sekolah sudah bermitra dengan dunia usaha untuk melakukan bimbingan dan pelatihan pada para siswa.

Setelah itu, para siswa harus mampu membuat karya sebagai bagian dari pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka. "Sebelumnya kami menggelar stadium general, kemudian siswa diberi kebebasan untuk memilih bidang usaha sesuai peminatan," katanya.

Menurutnya, setelah melakukan pelatihan para siswa kemudian berproses di bengkel usaha sekolah dan menjual produk hasil karya siswa, mulai dari abon ikan lele, manisan carica, lukis sepatu, hingga produk lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara Teguh Handoko sangat bangga dengan karya siswa yang dipamerkan dalam 'Panen Karya Siswa' yang digelar SMPN 1 Wanadadi, sebab banyak produk unggul yang bisa dikembangkan dan menjadi peluang usaha bagi siswa itu sendiri.

"Kami hampir tidak percaya kalau produk yang dipamerkan ini karya siswa, tetapi saya sudah pastikan pada anak-anak, ternyata ini benar-benar karya siswa. Banyak manfaat yang didapat dari kegiatan ini, selain melatih kreatifitas, juga untuk kemandirian anak, toleransi, rasa percaya diri, dan lainnya," ujarnya.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network