PMI Banjarnegara Pastikan Stok Darah Aman

Syarif TM
Pelaksanaan donor darah saat Idu Adha 1444 H

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Meski libur Idul Adha, PMI Kabupaten Banjarnegara memastikan pasokan darah dan pelayanan pada masyarakat, baik untuk donor darah maupun pelayanan donor darah.

Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara dr. Amalia Desiana melalui Kepala Unit Donor Darah (UDD) dr. Syarah Mutia Dewi mengatakan, saat ini angka permintaan darah stabil dan cenderung fluktuatif. Selain itu, PMI Banjarnegara juga sudah melakukan antisipasi akan stok darah untuk libur Idul Adha ini.

"Kami pastikan stok darah aman dan kami terus menggencarkan sosialisasi donor darah serta mengintensifkan kerja sama dengan semua pihak," ujarnya.

Menurutnya, pihaknya sudah melakukan antisipasi dan strategi guna menjaga ketersediaan darah selama libur Idul Adha telah dilakukan.

“Penjadwalan kelompok donor darah potensial serta sosialisasi masiv terus kami lakukan melalui media sosial dan jejaring kelompok donor,” katanya.

Selain itu, PMI juga terus mengajak masyarakat untuk lebih meningkatkan kepedulian kepada sesama dengan melakukan donor darah sukarela secara rutin. 

"Unit Donor Darah PMI Banjarnegara buka 24 jam setiap hari, dan kami siap melayani masyarakat yang hendak melakukan donor darah," katanya.

Demi menjaga ketersediaan darah di wilayah Banjarnegara, dia juga mengingatkan perlunya peran masyarakat untuk ikut berpartisipasi aktif dengan cara mendonorkan darahnya secara berkala.

“Kami terus berupaya untuk melakukan mobile unit donor darah kepada kelompok donor yang sudah memasuki jadwal, serta membuat kelompok baru,” katanya.

Ditambahkan, beberapa kelompok baru yang dibentuk diantaranya dengan menyasar kelompok milenial di sekolah tingkat SMA/SMA/MA dan beberapa desa yang sempat mandeg karena pandemi kemarin.

“Jadi buat masyarakat Banjarnegara yang ingin membuat kelompok donor darah, silahkan komunikasi ke UDD PMI Banjarnegara atau melalui nomor 0812-2754-3326,” pungkasnya.

Kondisi Stok darah di UDD PMI Banjarnegara, Kamis 29 Juni 2023 :
- Golongan darah A 69 bag
- Golongan darah B 51 bag
- Golongan darah O 37 bag
- Golongan darah AB 22 bag

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network