get app
inews
Aa Read Next : Geger Ditodong Senpi Gegara Fee dan THR, Ini Jawaban Ajudan Pj Bupati

Longsor di Pejawaran Rusak Lahan dan Tutup Akses Utama Warga

Senin, 20 Februari 2023 | 20:26 WIB
header img
Kondisi tanah longsor di Desa Sarwodadi, Kecamatan Pejawaran Banjarnegara, Senin (20/2/2023). Foto. dok PMI Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Hujan deras yang terjadi di wilayah Kecamatan Pejawaran menyebabkan tebing setinggi 70 meter yang ada di Dusun Biting, RT 03 RW 02, Desa Sarwodadi, Kecamatan Pejawaran Longsor.

Kejadian tersebut bermula saat wilayah Kecamatan Pejawaran diguyur hujan pada Senin (20/2/2023) siang hingga sore hari, sekitar pukul 16.30 WIB, tebing setinggi 70 meter dengan lebar mencapai 35 meter yang ada di wilayah tersebut longsor.

Akibat kejadian itu, selain merusak lahan warga dan menutup akses jalan, juga membuat 7 rumah dengan 9 kepala keluarga yang ada di sekitar lokasi longsor terisolir. Tak hanya itu, akses air bersih di wilayah tersebut juga terganggu akibat sumber air tertimbun material longsoran.

Kepala Pelaksana Harian PBPD Banjarnegara Aris Sudaryanto membenarkan adanya kejadian tersebut, dan saat ini petugas dari BPBD bersama dengan para relawan dan warga masih berusaha membersihkan material longsoran guna membuka akses jalan.

"Untuk sementara, warga mengungsi di tempat saodara yang lebih aman, begitu juga beberapa hewan ternak yang ada di sekitar lokasi ikut diungsikan," katanya.

Melihat kondisi di lokasi masih rentan dan cuaca yang masih tergolong ekstrem, pihaknya meminta masyarakat untuk tetap waspada, apalagi saat hujan dengan intensitas tinggi terjadi dengan waktu yang lama.

"Kemungkinan masih bisa terjadi longsor susulan, sehingga apabila hujan dengan intenstas lama, sebaiknya mengungsi, sebab di atas titik longsor terdapat potensi pergerakan tanah dengan bentuk tapel kuda," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut