get app
inews
Aa Read Next : Geger Ditodong Senpi Gegara Fee dan THR, Ini Jawaban Ajudan Pj Bupati

Tips Tetap Bugar Olahraga saat Ramadan

Jum'at, 24 Maret 2023 | 17:01 WIB
header img
Ilustrasi . Foto.Freepik

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Puasa ramadan merupakan satu kewajiban bagi umat muslim, namun tahukan Anda jika olahraga saat berpuasa tetap baik bagi kesehatan, hanya saja porsi dan repetisi serta waktu latihan harus diperhatikan.

Bagi Insan olahraga, berpuasa tentu menjadi tantangan tersendiri yang harus dilakukan demi melaksanakan perintah agama. Puasa bukan berarti kita harus bermalas-malasan, aktivitas dan olahraga sambil menjalankan ibadah puasa juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Para ahli kesehatan juga menyebutkan bahwa sesunguhnya berolahraga penting bagi Anda yang berpuasa. Terutama jika telah memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan serta membakar lemak.

Berolahraga saat puasa pada dasarnya memaksa tubuh untuk menumpahkan lemak. Hal ini karena proses pembakaran lemak pada tubuh dikendalikan oleh sistem saraf simpatik Anda. Proses ini juga diaktifkan oleh latihan serta akibat kekurangan makanan.

Kombinasi puasa dan latihan memaksimalkan dampak faktor seluler dan katalis, yang memaksa pemecahan lemak dan glikogen pada energi.

Sebuah studi juga menemukan, puasa sebelum latihan aerobik menyebabkan penurunan berat badan serta lemak tubuh. Sementara, makan sebelum latihan hanya menurunkan berat badan.

Dalam artikelnya, Dokter spesialis kedokteran olahraga dari Perhimpunan Dokter Spesialis Olahraga, dr. Ade Jeanne L. Tobing mengatakan, berpuasa sebelum berolahraga sangat dianjurkan. Hal itu malah tidak membuat kita lemas namun akan mengeluarkan gula dalam tubuh.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut